Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaInformasiStarbucks, Maserati, dan Lainnya: Jejak Mitologis dalam Nama dan Logo Merek Terkenal...

Starbucks, Maserati, dan Lainnya: Jejak Mitologis dalam Nama dan Logo Merek Terkenal Dunia

Beberapa merek terkenal di dunia seperti Starbucks, Canon, Maserati memiliki jejak mitologi budaya yang berbeda dalam nama atau logo mereka. Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang merek yang terinspirasi oleh legenda dan karakter mitologis secara mendetail.

Kita semua bisa terjebak dalam dunia magis merek besar dari waktu ke waktu, dan kita bertanya-tanya dari mana nama banyak merek yang sering kita temui dan yang memiliki tempat khusus di dunia berasal.

“Saya berharap saya telah menetapkannya” untuk merek yang nama dan logonya kami sukai, dan “mengapa mereka memilih hal seperti itu?” untuk merek yang tampaknya tidak ada hubungannya dengan logo mereka. Banyak pikiran melintas di benak kita. Sekarang, mari kita lihat lebih dekat merek-merek yang memiliki pengaruh mitologis dalam nama dan logo mereka dan yang membawa kita pada pemikiran seperti itu.

Tarian kain dan gunting kuno telah dimulai: Versace

Sebagai merek konsumen mewah, Versace berada pada titik yang sangat penting dalam dunia mode saat ini. Merek ini didirikan pada tahun 1978 oleh Gianni dan saudara perempuannya Donatella Versace, anak-anak dari seorang ibu penjahit Italia. Sejak pendiri Gianni dan Donatella Versace menghabiskan masa kecil mereka bermain game di antara reruntuhan kuno, logo merek mereka menampilkan sosok mitologis, Medusa.

Medusa (berambut ular) dari mitologi Yunani diperkosa oleh Poseidon dan dikutuk oleh Athena dan diusir dari kuil. Setelah Medusa, yang pernah menjadi manusia yang cantik, dikutuk, rambutnya berubah menjadi ular yang mengubah siapa pun yang melihatnya menjadi batu. Dia kemudian dibunuh oleh Perseus dengan kepala terpenggal dari tubuhnya.

Pangeran langit bersayap putih tidak lagi hanya mengambang di Olympus: Pegasus Airline

Baca juga:  Alamat Polsek di Jawa Barat yang Bisa Melakukan Pengesahan STNK

Didirikan pada tahun 1990, perusahaan penerbangan yang berbasis di Istanbul ini memiliki logo kuda bersayap. Pegasus , kuda bersayap dalam mitologi Yunani , dikenal sebagai salah satu dari dua anak Poseidon dan Medusa. Medusa sedang hamil ketika dia terbunuh, dan dua tetes darahnya berceceran saat pedang Perseus membelah kepalanya dari tubuhnya. Kemudian Pegasus dan Chrysor lahir. Pegasus digambarkan dalam bentuk kuda dan sayapnya benar-benar putih di sumbernya.

Sebagian besar dari kita membawa putri duyung hijau kecil ini di tangan kita: Starbucks

Starbucks adalah merek rantai kopi terkenal di dunia yang berasal dari Seattle . Setelah para pendiri memutuskan nama merek pada tahun 1971, mereka membutuhkan logo yang mengesankan. Saat mitra perusahaan sedang menelusuri buku-buku bahari, mereka menemukan sosok putri duyung. Karena kopi berasal dari luar negeri dan Seattle adalah kota lautan, mereka merasa terinspirasi untuk memasukkan sesuatu yang berhubungan dengan laut dalam logo merek tersebut.

Putri duyung dan sirene adalah sosok mitologis, tetapi logo merek tersebut adalah sosok putri duyung berekor ganda yang disebut Siren . Saat ini, merek yang dikenal sebagai nomor satu di dunia dengan kopinya, juga memberikan dampak dengan investasi komoditasnya.

Dijual ke berbagai perusahaan otomotif berkali-kali: Maserati

Maserati didirikan pada tahun 1914 di Bologna, Italia, oleh empat bersaudara Alfieri, Ettore, Ernesto dan Bindo Maserati. Logo merek otomotif yang memproduksi mobil balap dan sport ini bernama Tridente. Pada logonya, terdapat trisula dewa Neptunus dalam Mitologi Romawi (Poseidon, dewa laut dalam mitologi Yunani).

Patung perunggu Neptunus di Air Mancur Neptunus, yang mengilhami logo merek tersebut, adalah simbol Bologna, kampung halaman keluarga Maserati. Logo Tridente tetap menjadi logo dan lambang ikonik dari setiap mobil Maserati yang diproduksi dari waktu ke waktu (bahkan setelah Merek tersebut telah dijual berkali-kali ke perusahaan otomotif yang berbeda).

Baca juga:  Alamat Lengkap Kantor Polres di Wilayah Polda Sumatera Barat

Kwannon, dewi belas kasihan dalam mitologi Jepang, berevolusi: Canon

Merek terkenal di dunia, didirikan di Jepang, memproduksi prototipe pertamanya pada tahun 1933; Ini memiliki portofolio yang luas dalam hal kamera dan produk optik. Nama merek Canon pada tahun-tahun pertama adalah Kwannon. Kwannon disebut sebagai “Bodhisattva Belas Kasih”, dewa belas kasih dan pengampunan, menurut kepercayaan Buddhis Jepang . Menurut legenda, Kwannon, diyakini lahir dari seberkas cahaya di area suci yang dapat berubah menjadi 33 bentuk berbeda, memiliki kepala kuda dan banyak lengan. Nama Kwannon berkembang menjadi Canon untuk beradaptasi dengan pasar dunia.

Blue Ribbon Sports berubah menjadi Nike dengan mimpi.

Sebagian besar dari kita tahu bahwa Nike mendapatkan namanya dari “dewi kemenangan” dalam mitologi Yunani. Di balik pengetahuan ini terletak sebuah kisah mimpi. Jika Anda memiliki sebuah perusahaan, apakah Anda akan mengubah nama perusahaan Anda dengan mengandalkan impian seorang karyawan?

Jeff Johnson, hanya satu karyawan perusahaan, memimpikan Nike, dewi kemenangan, dan membaginya dengan manajernya. Lebih tepatnya, Jeff bersikeras bahwa ini adalah nama mereknya. Phil Knight dan Bill Bowerman, salah satu pendiri Blue Ribbon Sports, akhirnya menerima proposal ini. “Lakukan saja” saat ini . Nasib merek, yang menginspirasi orang-orang dari berbagai lapisan masyarakat serta atlet dengan slogannya, berubah dengan mimpi yang terlihat suatu hari nanti.

Ban mobil terinspirasi oleh sepatu bersayap Hermes, yang tercepat dari para dewa: Tahun Baik

Bahkan jika Anda tidak tertarik pada mobil, tidak ada orang yang belum pernah mendengar tentang Tahun Baik. Logo pabrikan ban ini menampilkan sepatu bersayap. Logo merek ini terinspirasi oleh sepatu bersayap dewa Hermes dalam mitologi Yunani. Hermes disebut dalam mitologi sebagai dewa tercepat, dan gagasan untuk menggunakan sepatu bersayapnya di logo sebagai lambang kecepatan cukup inventif untuk merek pembuat ban.

Baca juga:  Inilah Daftar Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan di Jawa Timur

Kali ini kotak Pandora terbuka untuk wanita cantik.

Merek yang kini terkenal dengan pesona pergelangan tangan ini didirikan oleh Per Enevoldsen pada tahun 1982 di Denmark. Tidak ada orang yang belum pernah mendengar tentang kotak Pandora, tetapi mari kita bahas secara singkat. Namanya diambil dari Pandora, “wanita pertama” dalam mitologi Yunani. Zeus mengirimkan Pandora di antara manusia dengan sebuah kotak (Kotak Pandora) di mana semua kejahatan disembunyikan .

Pandora, yang menikahi saudara Prometheus, Epimetheus dan membuka kotak itu atas perintah Zeus, melepaskan semua kejahatan yang tersembunyi di dalam kotak itu ke dunia. Rumor mengatakan bahwa hanya “harapan” yang tersisa di dalam kotak. Berlawanan dengan cerita mitologis, merek yang memiliki misi positif ini menjual perhiasan yang memahkotai momen indah dengan moto “Momen Tak Terlupakan” .

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Terpopuler